Senin, 31 Oktober 2016

Keluhan Ibu Hamil di Tri Semester Akhir


Keluhan Ibu Hamil di Tri Semester Akhir. Tidak terasa kandungan sudah memasuki tri semester akhir. Walau senang dan deg-degan mau bertemu dede unyu dalam perut tetap saja ya ada yang kurang nyaman.

Wajar tidak sih ada keluhan selama kehamilan? Wajar saja kalau menurut saya. Namanya orang hamil ada bayi dalam kandungan yang sebelumnya tidak ada kan harus penyesuaian semuanya, termasuk tubuh ibu juga ^^. Apalagi ditri semester akhir, pasti ada saja keluhannya hihihi. Karena semakin mendekati persalinan maka kita akan merasakan banyak hal baru yang pasti akan dikangeni ^^. Serius rasa kurang nyaman yang dibilang keluhan ini akan membuat rasa kangen nanti :"). Believe me, itu yang kadang bikin orang pengen hamil lagi *eh iya kah :p.

Apa saja keluhan ibu hamil saat tri semester 3 ini? Ini saya tulis berdasarkan referensi dan lebih banyak pengalaman pribadi sih. Karena tidak ada yang lebih menyenangkan menulis selain pengalaman sendiri diblog.

Untuk keluhan kehamilan di tri semester pertama 
silahkan baca tulisan saya di 

Loh kok keluhan di tri semester dua tidak ditulis? Soalnya, kalau tri semester 2 itu sih masa-masa menyenangkan hamil :D. Pokoknya mau kemanapun ngapainpun aman mah tri semester 2 hihihi.

1. Mual dan muntah kalau makan terlalu banyak
Ini sih karena perut semakin membesar karena rahim terus membesar, sampai ke 36 ukuran uterus mencapai pinggir bagian bawah tulang iga terendah pada dada. Btw, karena perut membesar udel atau puser kita juga jadi menonjol BODONG!! hahahaha.

Tapi lihat-lihat kondisi bayinya juga sih ya. Ada yang pada TM 3 ini berat badan bayi kurang sehingga diminta konsumsi makanan yang manis. Tapi kalau harus diet karena bb bayi sudah besar, lebih baik kurangi manis. Yang pasti kalau kebanyakan biasanya sih muntah :v :v. Pengen makan tapi ya gitu perutnya dah penuh pegimana dong :v. Jadi jangan makan yang aneh-aneh dulu, jangan langsung berdiri sesudah makan dan jangan 

Kadang juga, janin yang membesar itu bikin panas diulu hati karena tekanan pada sistem pencernaan sehingga pergerakan usus berkurang dan bikin asam lambung meningkat. Jadi heart burn deh kayak awal-awal hamil.

mual dan muntah saat hamil


2. Susah tidur atau Insomnia
Dengan BB yang bertambah bikin ibu susah tidur. Posisi juga kurang nyaman mau terlentang sesak, mau miring kekanan ga enak dan kalau miring kearah kiri mulu pegel dan bosan dong (kan ibu hamil lebih baik kekiri). Tapi jangan coba-coba tengkurap ya wkwkwk.

Saya sering kebangun jam 1-2 dan susah tidur sampai hampir subuh, Sudah berusaha merem, tapi nggak bisa juga -____-.  Kadang juga kebangun karena kontraksi yang berlebihan dan kebelet pipis. Ukuran rahim yang bertambah akan mengganggu gerak ibu. Biasanya minum susu atau minuman hangat agar bisa bobok lagi juga sangat ngebantu.

Agar lebih nyaman, biasanya diganjel bantal tinggi di kepala dan kaki. Di tumit dan betis diganjel bantal juga bikin enak. Yang penting senyamannya aja deh pokok bikin gaya tidur lebih enak walau kudu miring. Dan tidak mengganggu aliran darah dan oksigenasi jaringan dari ibu ke janin^^.

3. Emosi meningkat
Pyuhh ini yang melanda saya sekarang. Bukan hanya pada ibu hamil, si ayah juga sama stressnya. Ketidaknyamanan fisik di akhir semester kadang akan membuat ibu hamil parno dan cemas. Jadi nambah stressnya. Dan biasanya mikir macem-macem semua dipikirin :").

Baca : 

Tapi namanya hidup, kita harus legawa. Semua pasti bisa dijalani ^^. Solusinya curhat sama Tuhan sesuai dengan keyakinan kita. Biar kita bisa pede, semangat dan tidak mikir macem-macem. 

Alihkan kekegiatan yang positif dan bikin rileks. Jalan-jalan sambil belanja perlengkapan bayi, baca blog www.echaimutenan.com *eh, atau nonton bioskop juga bikin santai ^^. Kalau masih emosi belum kelar-kelar bisa mulai ikutan kelas hypnobirthing seperti saya biar rada santai ^^.

4. Kontraksi palsu sudah mulai hadir
Nyeri dibawah bagian perut mengarah ke miss V kita memang akan sering ditemui. Yang penting selalu jaga kondisi kering miss V biar tidak kena nyeri, anyang2an bahkan infeksi. Selain itu, kontraksi palsu juga akan makin sering muncul. Tidak apa-apa, tarik napas keluarkan tarik napas keluarkan. Sambil dielus-elus agar si bayi lebih tenang ^^. Ajak ngobrol bayi juga sangat membantu di tri semester akhir ini.

5. Keputihan dan sering pipis
Janin yang membesar akan menekan kandung kemih sehingga bikin sering buang air kecil. Dan itu gak tanggung-tanggung, kadang malam terus-terusan pipis. Yang penting tetap banyak minum yaaa.

Waktu hamil Raffi, umur segini saya kena keputihan di tri semester akhir. Dan akhirnya dikasih obat keputihan yang dimasukkan ke dalam miss V. Dan alhamdulillah berkurang sih. Cuma pas hamil Raffa, keputihan alhamdulillah tidak ada tapi sering pipis saja. Inget jangan lupa minum air yang banyak. 

6. Mudah capek dan keringetan
Ini yang kadang ibu-ibu disekolah suka nanyain saya itu gak papa atau gimana. Soalnya sering banget, disekolah tiba-tiba keringetan dingin gitu --". Yang penting tetap jaga kondisi badan jangan maksain. Kalau terasa capek jangan dilanjutkan *ngomong kediri sendiri ini mah :v.

Ibu hamil juga bakal sering kegerahan, ini karena peningkatan kadar progesteron sehingga pembuluh darah melebar dan aliran darah yang terjadi dalam tubuh meningkat. Kan biar tumbuh kembang janin bisa lancar. 

7. Kaki kram kesemutan dipagi hari
Bahkan ada yang sampai edema atau bengkak loh. Ini karena sirkulasi darahnya terganggu. Sakitnya jangan tanya :v. Pagi-pagi saya bangunin suami untuk mijetin kaki karena kram susah gerak dong. Saran saya agar tidak kram atau bahkan sampai bengkak, yang pasti kurangi makanan yang banyak mengandung garam dan gula. Biasa saja gitu asupannya. Terus jangan pakai yang ketat-ketat pakaiannya. Terus kaki kalau bisa pakai kaos kaki kalau ada dibawah AC.

Kadang ada juga yang kena carpal tunnel syndrome, yaitu jari-jari tangan kayak mati rasa, gatel atau sakit malah. Solusinya dengan direndam air hangat, pijet2 sebentar nanti akan kembali normal.

8. Pinggang dan punggung pegal
Beban yang bertambah, tulang pinggang dibagian bawah membengkok dan ligamen mereggang. Kadar hormon yang meningkat juga membuat tulang sendi melunak, sehingga kurang lentur dan bikin sakit pinggang. 

Nah agar tubuh seimbang, perut yang membuncit akan menarik otot punggung lebih kencang. Tarikan inilah yang membuat ibu hamil besar sering mengeluh pegal dan nyeri di tubuh bagian belakang, termasuk sekitar pinggang. Seru ya? Seru banget :D.

9. Pembesaran Payudara dan gangguan kulit
Payudara yang membesar akan membuat proses mengASI lancar. Katanya sih pertambahan jaringan payudara bisa mencapai 1.4 kg, makanya berat *eh.  Makanya jangan lupa pakai bra yang nyaman yaaa. Kadang ada payudara yang keluar ASI saat umur kehamilan mulai 7-8 bulan. Cuma kebetulan disaya nggak tuh (beda-beda tiap ibu hamil loh ya) dan saya tetap bisa mengASI sampai 2 tahun bahkan lebih :D.  

Kulit juga kadang suka gak enak saat tri semester akhir. Saya sendiri kiri kanan simetris paha gitu kayak gatel dari awal hamil sampe sekarang. Itupun tidak tahu kenapa. Katanya sih bawaan :v. Tapi emang iya sih, kulit ibu hamil itu meregang dan bisa bikin kering plus gatal. Yang penting dijaga biar tidak infeksi karena kuman yaaaaa.

10. Susah Bernapas
Gangguan fisiologis yang normal dialami bumi ya ini sesek napas :v. Selain, volume darah bertambah rahim yang membesar juga jadi mendesak ke atas rongga dada. Olahraga teratur akan membuat otot jantung terlatih memompa darah secara cepat. Ini juga biar boboknya enak seh miring kekiri. Jangan stress juga biar gak sesek :").


Duh, banyak ya keluhan ibu hamil di trisemester akhir ini? Tapi percayalah semua pasti bisa dilaluinya. Nanti kangen masa-masa seperti ini ^^. Percayalah sama Tuhan dan bayi kalau persalinan bakal berjalan lancar. 

Inget ibu hamil harus bahagia. Jadi be happy pregnancy mom, walau banyaaaaaaaaaaaak sekali keluhan di trisemester akhir :). Semangattt

2 komentar:

  1. kalo aku ditambah mimpi mau melahirkan yang rasanya sangat nyata sampai kebangun rupanya kasur udah basah, berlaku untuk hamil anak kedua dan ketiga akhirnya pakai perlak, oya satu lagi ngerasa ngerah padahal pakai ac

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa kayak beneran ya. aku kadang juga mimpi seh xD
      iya kalau kegerahan itu pasti --"

      Hapus