Minggu, 16 Oktober 2016

3 Cara Agar Ibu Hamil Selalu Sehat


3 cara agar ibu hamil selalu sehat. Menjaga kesehatan itu memang penting dalam segala hal, usia dan kondisi. Termasuk menjaga kesehatan ibu hamil yang notabene bawa bayi didalam kandungan harus lebih ekstra diperhatikan. Ya gimana lagi, kalau lagi hamil kan bukan cuma ibunya saja yang harus sehat bayi dalam perut juga harus sehat. Ingat, ada hak hidup anak dalam kandungan yang perlu diperhatikan.

Saat ini kandungan saya sudah 8 bulan berarti tinggal sebulan lagi masa persalinan tiba. Selama hamil biasanya ada saja keluhan yang saya alami dan itu berbeda sekali dengan kehamilan sebelum-sebelumnya. Saya jadi terasa lebih capek dalam melakukan banyak hal.

Tapi kan hidup itu butuh perjuangan kan? Demi biaya persalinan yang makin mahal, mau tidak mau saya juga harus tetap bekerja walau dirumah. Tiap hari saya masih jualan puding disekolah-sekolah dan tetap menulis agar kerjaan (plus invoice) segera kelar.

Dan itu membutuhkan energi dan usaha yang menurut saya tidak mudah. Apalagi usia kehamilan 8 bulan ini, mau duduk lama dikursi saja sudah capek pengennya rebahan saja. Soalnya saya sudah mulai kontraksi palsu yang kadang-kadang datang tiba-tiba. Makanya mau datang acara offline itu rasanya berat, capeknya itu loh yang tidak terkira setelahnya.

Untuk menjaga agar selalu sehat, saya melakukan 3 hal yang wajib dilakukan oleh semua ibu hamil di tri semester berapapun. Sebenarnya 3 hal ini cukup mudah dilakukan, tapi butuh komitmen dan keikhlasan agar tetap konsisten dilakukan.


Ini dia 3 cara agar ibu hamil selalu sehat! 

1. Jaga asupan nutrisi

Masakan rumahan buatan papih :)

Tidak perlu dipungkiri lagi kalau asupan nutrisi pra kehamilan, saat hamil dan masa menyusui itu penting. Karena bagaimanapun, nutrisi yang baik akan bermanfaat untuk ibu dan bayi. Menghindari makanan yang instan, kurang matang dan terlalu bersantan juga perlu dilakukan demi kesehatan janin. Bahaya banget loh malnutrisi pada ibu hamil itu, hingga bisa menyebabkan kematian ibu saat persalinan.

Saya sendiri selama hamil ini memilih untuk katering sehat dan malamnya masak masakan rumahan. Makanya kenapa berat badan saya tidak terlalu banyak naik selama hamil, tapi berat badan bayi dalam kandungan juga tetap terjaga sesuai bulannya. Ini penting juga karena kalau bayi terlalu besar, maka kita akan kesulitan untuk normal. Pengalaman saya saat melahirkan Raffi 4,1 kg usahanya memang sedikit ekstra. Karena itu juga, saat hamil iniu saya menjaga berat badan agar nanti di 3 kg saja saat lahir jangan terlalu besar ^^. And it's work! 

2. Olahraga, aktifitas dan istirahat yang cukup

Kegiatan sehari-hari memang terlihat gampang, tapi kadang sedikit susah dikerjakan ^^. Apalagi kalau kita orang sibuk yang ada saja dikerjakan. Betul tidak?

Tapi saat hamil sekarang ini saya sadar, harus bisa "tahu diri" dengan badan sendiri. Jadi tidak diforsir seperti sebelumnya. Karena kembali lagi kalau buat saya, keluarga nomer satu dan hak hidup anak dalam kandungan lebih penting dari apapun.

fitbar donor kalori
Jadi sehari-hari, saya melakukan kegiatan biasa seorang ibu rumah tangga ditambah mengetik didepan komputer (yang sudah saya batasi sekarang). Tidak ada lagi acara bergadang sampai pagi (well, dulu ini sering saya lakukan) demi menyelesaikan tulisan. Tidak ada lagi pergi terlalu jauh untuk datang event offline blogger. Pokoknya harus lebih banyak dirumah agar saya dan bayi dikandungan tidak capek.

Kalau sudah mulai terasa badan kurang nyaman, saya langsung banyak istirahat berbaring dikasur. Walau saat kondisi itupun saya harus tetap memperhatikan Raffi yang memang masa-masa emas untuk distimulasi.


Yoga ibu hamil

Selain itu, walau hamil saya tetap berusaha olahraga sedikit agar badan tetap bugar. Olahraga juga tidak perlu yang susah-susah kok. Banyak pilihan seperti yoga, berenang atau sekedar menggerakkan badan didepan rumah sambil menghirup udara pagi hari juga termasuk olahraga bagi saya.

Jadi kita harus ingat kalau aktifitas, olahraga dan istirahat itu harus seimbang. Jangan sampai kita egois sendiri sibuk kesana kemari tanpa memperhatikan bayi dalam kandungan. Awalnya, saya memang susah menerima karena harus diam saja agar kandungan tetap sehat. Tapi lambat laun saya sadar, hak hidup anak diperut lebih penting mengalahkan apapun ^^.


3. Minum vitamin setiap hari untuk kebutuhan ibu dan janin

Saat kedokter, biasanya kita diberi vitamin selama kehamilan. Apakah itu saja cukup? Tentu saja tidak!. Kita harus tetap memenuhi asupan nutrisi selama kehamilan agar semua kandungan yang dibutuhkan bayi tercukupi. Saya sendiri selain minum vitamin kehamilan dari dokter juga masih minum vitamin khusus zat besi, kalsium dll agar asupan janin cukup. 

Dan untuk menjaga agar badan tetap segar dalam melakukan banyak hal selama hamil, saya mengkonsumsi Theragran-M. Ini adalah multivitamin yang bisa diminum setiap hari untuk menambah kekebalan tubuh. Sebenarnya bukan ibu hamil saja yang bisa minum loh, siapa saja bisa minum agar asupan vitamin dan mineral tercukupi setiap harinya.


Tahu sendiri kan? Kalau kita kurang nutrisi, vitamin dan mineral maka badan akan cepat sakit karena kekebalan tubuh tidak maksimal. Theragran-M adalah salah satu jawaban cara kita menjaga tubuh agar asupan yang diperlukan terpenuhi setiap harinya.  Dan Theragran-M ini merupakan vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. 


Saya berani merekomendasikan Theragran-M ini karena sudah bertanya sama dokter kandungan^^. Dan menurut dokter kandungan saya, walau bukan vitamin untuk kehamilan, Theragran-M ini sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil agar tidak cepat sakit dan lemas. 

Yang membuat saya lebih yakin terus mengkonsumsi Theragran-M ini, menurut dokter kandungan saya sangat bermanfaat untuk pasca melahirkan. Jadi recovery setelah persalinan lebih cepat, karena Theragran-M merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. 

Walau Theragran-M ini termasuk tablet salut gula seperti tertera dikemasan, dokter kandungan saya tetap bilang aman dikonsumsi tidak terlalu signifikan berpengaruh pada berat badan janin dalam kandungan. Kecuali kitanya makan terlalu banyak manis, es krim atau coklat ya pasti bb janin akan cepat melesat naik tajam.


Setelah saya minum Theragran-M rutin selama seminggu, badan rasanya tidak cepat capek. Biasanya nih ya, sepulang antar Raffi sekolah saya harus tidur sebentar karena kecapekan. Tapi selama mengkonsumsi Theragran-M, saya masih bisa menemani Raffi makan siang dan bermain loh. Saya juga bisa berkarya dengan menulis lebih kreatif agar dapur tetap ngebul.

Berkat Theragran-M, saya jadi tetap  memperhatikan Raffi dan suami walau lagi hamil. Bayi dalam kandungan juga tercukupi kebutuhan nutrisi dan tumbuh sehat. Saya sendiri juga jadinya senang menjalani kehamilan ^^.


Multivitamin pilihan saya sebelum, saat dan sesudah kehamilan

Gampang kan menjaga kesehatan selama hamil ini. Cukup lakukan 3 cara yang saya tuliskan diatas dengan konsisten ^^. Ibu senang, bayi sehat, keluarga juga bahagia. Kurang apalagi coba. Jangan lupa keluarga memang nomer satu, tapi kesehatan tetap harus dijaga demi orang-orang yang kita cintai. Minum Theragran-M demi ibu hamil selalu sehat.


Karena saya sayang bayi dalam perut, anak dan keluarga,
makanya menjaga kondisi badan itu wajib selama hamil

86 komentar:

  1. Semoga ibunya dan dede unyu sehat selaluuu :)

    BalasHapus
  2. Papih R rajin masak juga ya, setuju sekali saya Bumil ga boleh jadi alasan bermalas-malasan-malasan.

    BalasHapus
  3. Sudah mendekati detik detik mendebarkan ya Mba Cha. Semoga sehat selalu yaaa. Dedenya sehat juga dan semua anggota keluarga juga sehat.

    BalasHapus
  4. Wah vitaminya bisa buat Ibu bhamil jugaa..
    Btw masakan suami Mbak Echa enak benarr XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah bisaaa aku nanya dulu kedokter baru berani bikin postingan. dan bagus banget buat setelah persalinan

      Hapus
  5. Wah luar biasa semangat bumil yang satu ini. aku salut padamu mba Echaaaa... Selalu sehat dan semangat ya. Ini tipsnya oke nih, bisa aku catet buat kalo aku hamil lagi. hehehehe

    Peluk hangat, :*

    BalasHapus
  6. Ya Allah, pintarnya si papih masak.
    Iya nih, bisa buat ibu hamil kok, vitaminnya juga lengkap. Jadi tetep bisa maen ama Raffi

    BalasHapus
  7. Sehat terus bumil.. 😄😄
    Bisa buat bumil juga ya vitaminnya.. 😀

    BalasHapus
  8. Bumil ternyata aktifitasnya byk jg ya!!!
    Lapar lihat foto makanannya

    BalasHapus
  9. Mak echa semoga baby R makin sehat ya...lahiran lancar selamat sehat semuanya amin.

    BalasHapus
  10. alhamdulillah semoga sehat selalu hingga sampai persalinan nanti, ya, Mbak. Minum vitaminnya harus rutin ;).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin iya nanti setelah persalinan juga butuh ini bangett

      Hapus
  11. Senengnya calon dedek Rafi sudah diberi vitamin sejak dalam kandungan...

    BalasHapus
  12. semoga lancar & sehat terus ya kehamilannya.. :-)

    BalasHapus
  13. Selalu sehat ya mba Echa. Btw.. baru tahu juga produk ini bisa buat bumil.. nanti mau aku coba rekomendasikan ke.teman teman

    BalasHapus
  14. Oooh. Berarti aman ya cha. Aku juga jadi pengin deh 😍

    BalasHapus
  15. Sehat selalu buat bumil ^_^
    Ya ampun...saya salah fokus sama masakan si papih..ala ala resto gitu ye~
    Haseeekkk

    BalasHapus
  16. Wah Theragran-M emang bener bener ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama saat pemulihan setelah sakit

    BalasHapus
  17. walaahh para blogger femes bayinya gede2 pas lahir yak? jiwo-nya mbak pungki 4,5 ... anakku 4,4 dan klo hamil lagi diusahakan anakku maksimal 3 kilo




    BalasHapus
  18. Mbake pokoke jangan kecapekan lho, tetap sehat selalu sampe lahiran yaaa...

    BalasHapus
  19. Ibu hamil harus ekstra menjaga kebugaran tubuh. Dua badan soalnya. Setuju banget, 3 hal tadi adalah kuncinya. Aku dulu payah tiap hamil. Jadinya sangat bergantung sama vitamin. Makan susah banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pas payah makan pas awal aja mba xD pas kesini 2 payah juga -___- karena udah begah makan

      Hapus
  20. cinta deh sama mama Raffi, pinter menjaga kondisi badan saat hamil jd gak kehilangan moment tumbuh kembang Raffi ya :-)

    BalasHapus
  21. Huhuii..bumil yang satu ini jagoan emang. Tetep sehat terus ya mba echa..

    BalasHapus
  22. bawa bayi dalam perut emang badan mudah lelah ya... semoga sehat terus sampai waktunya melahirkan ya... :)

    BalasHapus
  23. untung ada multivitamin yang aman untuk ibu hamil ya

    BalasHapus
  24. yeaaay...seru, cara bakar kalori bersama anak patut ditiru, btw masakan papih menggoda sekali, sehat selalu yaa bumil cantik nan ceria

    BalasHapus
  25. Mbak Echa, sehat-sehat terus ya.. Semoga lahiran lancar, sehat ibu dan bayinya..

    BalasHapus
  26. Sehat selalu, ya, Bumil. Semoga dipermudah ^^

    BalasHapus
  27. Bumil yang aktif hehe..sehat-sehat yoo 😍.

    BalasHapus
  28. Sehat terus maaak mil :) kpn ya bisa olah raga :)) good luck mak

    BalasHapus
  29. Wah..Theragran-M juga bisa utk ibu hamil yaa mba? Semoga kandungannya sll sehat yaa mba..Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah aman apalagi buat setelah persalinan

      Hapus
  30. Asyiknya multivitamin ini bisa buat bumil juga
    Sehat terus yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak walau bukan vitamin hamil. tapi ini suplemen yang aman kalau dikonsumsi saat hamil apalagi setelah melahirkan

      Hapus
  31. bumil satu ini masih aktif ya....moga sehat terus dan lancar persalinan nanti

    BalasHapus
  32. Sehat selalu ya mbak, Alhamdulillah ya Theragran M aman dikonsumsi buat ibu hamil :)

    BalasHapus
  33. Aku dulu ngga pernah senam ibu hamiiilll hahahah pemalesan banget dah! Kagak bisa menjalankan keseharian kayak dirimu, sehat2 terus sampai nanti melahirkan yaaa :) cipoks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha aku cuma sekali abis itu.....libur puasa -_________- lebaran dan langsung lahiran babay dahh olahraga :v

      Hapus
  34. Olah raga ringannya bisa dititu itu, Mbak. Sehat2 terus bersama baby, yaks! ;)

    BalasHapus
  35. Sehat-sehat bumil cantik, aku belum pernah yoga hamil seringnya senam hamil yang udahannya ada hypnobirthing tea tetiba aku uda ditinggalin bumil lain saking terlelapnya tidur hahaha :D *isin bayanginnya*

    BalasHapus
  36. sehat2 ya ibu dan bayi sekeluarga.
    salam kenal dari saya :)

    BalasHapus
  37. Eah ga kerasa sdh besar lg hamilnya, ada yoga ibu hamil ya skrg...dulu mah ga pernah denger tuh :)

    BalasHapus
  38. sehat-sehat ya mbaak... semoga lancar lahirannya nanti sehat mama sama adik babynya...aamiin...

    BalasHapus
  39. sehat terus yah Mba Echa dan baby Raffa :*

    BalasHapus