Jumat, 21 Juni 2013

Stimulasi lagu buat dede unyu


Dengarkanlah musik sesuai seleramu, agar bisa dinikmati dengan hati





Siapa yang tidak suka musik? Walaupun saya bukan pecinta musik, tapi saya suka mendengarkan musik . Apalagi saat dilanda kebosanan, musik itu sangat ampuh menghibur saya. Bahkan, saya punya teman kalau belajar harus mendengarkanmusik.

Saat ini musik banyak ragamnya, sampai saya sendiri tidak mengerti jenisnya. Tapi,  ada satu jenis musik yang saya suka dari dulu sampai sekarang.DANGDUT. Betul sekali, saya suka musik dangdut dari dulu. Walau sering diledekin sama teman, tapi selera saya sama dangdut tidak pernah berubah. Musikdangdut jaman dulu dan sekarang jauh berbeda, dan saya termasuk orang yang kurang menyukai musik dangdut jaman sekarang. Menurut saya, lagu dangdut sekarang banyak menghilangkan aksen yang mendayu-dayu dan khas 'cengkok'. Padahal, disanalah letak keindahan dangdut menurut saya. Apalagi lagu sekarang banyak disertai tarian yang aduhai. Orang pasti tidak akan memperhatikan lagunya, tapi lebih konsen ketarian penyanyinya. Tapi semua perkembangan itu tidak mengurangi kesukaan saya terhadap lagu dangdut.

Kalau lagi ketempat karaoke, saya juga lebih memilih musik dangdut. Yang sudah sering karaokean bareng pasti mengerti kenapa saya memilih dangdut. Malah mereka yang memilih musik dangdut untuk saya.


Stimulasi untuk merangsang otak bayi terus saya lakukan semenjak dalam kandungan. 
Tentunya dengan mendengarkan musik yang saya suka.

Saat ini, disaat hamil ternyata banyak referensi untuk mendengarkan musik, yang ternyata banyak sekali manfaatnya. Bisa untuk mencegah bayi lahir prematur, menstimulasi otak, merangsang gerak janin dll. Intinya biar bayi pintar semenjak dalam kandungan. Dan hal itu saya jalankan demi kebaikan si dede unyu. Semua referensi bilang untuk menstimulasi janin musiknya harus musik klasik, yang notabene saya kurang suka. Bagaimana bisa suka, mengerti musik klasik saja saya tidak.

Di trisemester awal, saya isi ipod dengan lagu-lagu klasik. Karena musik klasik ala mozart dan sejenisnya katanya bisa membuat bayi rileks, IQ tinggi, kreatif, tenang dan percaya diri. Baiklah, demi perkembangan si dede unyu agar selalu baik, sehat dan pintar maka saya harus berusaha mendengarkannya. Bahkan, saya langsung coba mendengarkan musiknya ke perut. Ternyata, tendangannya sama aja malah responnya biasa saja. 

Dan disaat acara 4 bulanan, paradigma saya sedikit berubah tentang stimulasi janin harus dengan musik klasik. Waktu itu saya pulang kampung karena acaranya diadakan dikampung saya tercinta, Situbondo. Disana, mama papa nyetel lagu dangdut dan kamu tahu apa yang terjadi? Si dede unyu gerakannya diperut menjadi sangat aktif. Saya sendiri sampai bingung. Saya coba matikan musiknya, diapun pelan gerakannya. Lalu saya coba hidupin lagi dangdutnya, dan ternyata si dede unyu aktif bergerak kembali. 

Saya coba bandingkan dengan musik klasik diipod. Saat saya nyalakan, ternyata dia bergerak biasa saja. Akhirnya, kejadian itu saya ceritakan pada keluarga. Keluarga saya langsung tertawa dan kami mencoba lagi  stimulasi dengan lagu-lagu dangdut. Dan, voila dia bergerak lagi si dede unyu ternyata memang suka lagu dangdut.
Semenjak kejadian itu, diipodku banyak lagu dangdut (walau tidak semuanya dangdut). Tetap saya sisipkan lagu mozart, lagu klasik lainnya, lantunan ayat-ayat suci Alquran dan rekaman nyanyian suara saya sendiri. Dan ternyata, hal itu berhasil membuat saya dan si dede unyu berinteraksi. Karena setiap saya mainkan lagu dangdut, dia langsung menari-nari diperut saya. Rasanya? Geli, tapi senang!

Ternyata janin juga punya selera. Dan saya percaya, kalau ibunya nyaman pasti anaknya nyaman. Kalau ibunya suka dangdut, anaknya juga suka dangdut. Like mother like son... hehehe.
Jadi, menurut saya dengarkanlah musik yang kalian suka, karena ternyata memang lebih nikmat didengar ditelinga. Dan pastinya lebih nyaman dihati, karena itu yang saya rasakan sendiri. 


tulisan asli ini bisa dilihat di http://www.echaimutenan.com/2013/06/janin-juga-butuh-musik-yang-asyik.html dan saya ikutkan lomba blog langit musik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar